Cara Untuk Mencegah Diare dengan Menerapkan Gaya Hidup Bersih

Diare merupakan gangguan pencernaan yang bisa dialami oleh siapa saja. Ada banyak penyebab mengapa bisa mengalami diare seperti karena mengonsumsi makanan pedas terlalu banyak, konsumsi obat tertentu dalam jangka panjang, dan juga infeksi bakteri yang menyebabkan sakit perut. Diare bisa dialami oleh siapa saja mulai bayi hingga lansia dan biasanya tidak mempunyai dampak kesehatan yang berbahaya.

Akan tetapi walaupun begitu pastikan untuk segera mengatasi diare dan mengkonsumsi oralit yang akan dapat membantu membuat diare cepat teratasi dan tidak mengalami dehidrasi maupun komplikasi penyakit lainnya. Diare juga bisa dicegah sehingga tidak sampai terkena gangguan pencernaan ini. Cara untuk mencegah diare yang bisa dilakukan adalah:

1. Rajin mencuci tangan

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mencegah diare adalah dengan rajin mencuci tangan. Di saat pandemi sekarang ini cuci tangan bisa dilakukan untuk menghindari penularan virus yang menyebar. Dengan cuci tangan secara rutin juga dapat mencegah penyebaran kuman yang bisa menyebabkan diare. Sehingga pastikan untuk selalu mencuci tangan utamanya saat menyiapkan makanan, sebelum makan, setelah dari kamar mandi, setelah buang sampah, setelah bermain di luar rumah, setelah batuk, setelah menyentuh binatang, dan lainnya. Pastikan untuk mencuci tangan dengan sabun, selama 30 detik, dan bilas dengan air bersih yang mengalir.

2. Jangan jajan sembarangan

Anak-anak mudah sekali mengalami diare yang umumnya disebabkan oleh mengonsumsi makanan secara sembarangan. Jajanan di luar tidak terjamin kebersihan ketika membuatnya, sehingga hal tersebut juga membuat anak bisa mengalami diare. Utamanya makanan atau jajanan yang ada di pinggir jalan atau yang ada di sekolah. Oleh karena itulah untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa memberikan bekal yang sehat dan lebih bersih untuk anak. Atau pilih makanan di tempat yang terjaga kebersihannya sehingga bisa menghindari diare.

3. Masak dengan benar

Ketika akan memasak makanan juga harus memperhatikan cara pengolahannya yang tepat. Anda bisa untuk mengonsumsi makanan yang bersih sehingga bisa menghindari diare Seperti ketika akan makan buah pastikan untuk mencucinya terlebih dahulu dengan air bersih. Hal tersebut juga perlu dilakukan ketika akan mengolah sayuran, cuci sayuran terlebih dahulu. Jangan lupa untuk menggosok permukaan buah sehingga bisa menghilangkan kotoran, dan rendam terlebih dahulu untuk jenis sayuran dan buah tertentu. Menjaga kebersihan makanan tersebut juga bisa diperhatikan ketika akan mengolah bahan lainnya seperti daging, telur, dan lainnya. Selain makanan, pastikan peralatan yang digunakan untuk memasak juga sudah bersih sehingga bisa menghindari infeksi yang menyebabkan diare.

4. Jangan berenang saat sedang sakit

Hal lainnya untuk mencegah diare adalah dapat tidak berenang apabila sedang merasa tidak enak badan. Anda ataupun anak bisa menelan air kolam yang telah terkontaminasi dengan bakteri. Sehingga hal tersebut juga menyebabkan diare yang bisa dialami setelah berenang karena air kolam sudah terinfeksi dengan bakteri. Dengan kondisi badan yang tidak enak badan dan mempunyai sistem imun yang lemah akan membuat resiko mengalami diare lebih besar.

5. Jaga pola makan

Cara mencegah diare terakhir adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan menghindari makanan yang bisa menyebabkan diare. Seperti makanan yang dapat menyebabkan diare adalah makanan pedas, intoleransi makanan tertentu, dan juga makanan gorengan dan berlemak. Untuk mengenal jenis makanan yang bisa mencegah diare, menyebabkan diare, hingga baik dikonsumsi selama diare.

Kamu juga bisa menemukan informasi yang lebih lengkap lagi dari website diarepedia, yang banyak membahas mengenai penyakit diare mulai dari pencegahan dari penyakit diare, pengobatan, makanan yang bisa membantu untuk mengobati diare dibahas lengkap di sana, kamu juga bisa langsung cek saja websitenya.

Sekian dulu informasi yang ada pada artikel ini sampai jumpa lagi dilain kesempatan semoga bermanfaat.

Leave a Comment