Gejala Awal Munculnya Masalah Pada Lambung

Banyak jenis masalah pencernaan yang membuat orang merasa tidak nyaman, salah satunya adanya maag. Maag sendiri termasuk dalam jenis penyakit yang sangat umum dialami banyak orang, baik mereka yang masih muda ataupun yang sudah tua.

Pokok permasalahan dari munculnya masalah kesehatan tersebut adalah pola makan dan istirahat yang kurang terjaga baik. Misalnya saja kebiasaan makan tidak tepat waktu, makan dalam porsi banyak namun tidak sering, terlalu cepat makan ataupun yang lainnya. Secara medis maag sendiri dikenal dengan 2 jenis maag kronis dan maag akut, masing-masing mempunyai ciri yang berbeda.

Sebelum masuk pada maag kronis, sebenarnya penderita harus paham cara menangani agar tidak terlalu parah. Apalagi jika sudah mengenal tanda-tanda munculnya penyakit tersebut, ditambah saat ini sudah banyak obat alternatif yang bisa digunakan untuk menyembuhkan. Bagi yang kurang paham, berikut ini beberapa gejala awal yang umumnya muncul pada penderita maag seperti:

1. Perut terasa sakit berlebih.

Pertama ada gejala yang paling umum dirasakan oleh penderita, mengalami sakit bagian perut yang tidak tertahankan. Ini umumnya kambuh akibat beberapa kondisi seperti makan yang terlalu banyak, makan yang terlalu cepat, telat makan, selesai makan langsung rebahan, dan masih banyak lagi lainnya.

2. Adanya sensasi terbakar pada dada.

Ciri yang bisa kenali kedua adalah merasakan panas pada area dada bagian atas, ini umumnya menjalar sampai dengan tenggorokan. Bagi penderita biasanya merasakan hal ini pada malam hari, dimana asam lambung naik akibat beberapa kondisi.

3. Mual dan muntah.

Tanda lainnya yaitu rasa mual dan muntah setiap kali kambuh, bahkan bisa diperparah dengan kebiasaan makan yang terlalu cepat tetapi porsi besar. Akibatnya rasa mual tersebut dapat mengakibatkan makanan naik dari lambung dan seperti orang muntah.

4. Lebih cepat merasa kenyang.

Proses produksi asam lambung dan kadar gas yang meningkat dapat membuat lebih mudah merasa kenyang. Padahal baru makan sedikit dan minum tidak banyak, ini yang menyebabkan penderita enggan makan lagi.

5. Perut terasa kembung.

Di samping perut terasa kenyang, bagian perut yang terasa kembung juga bisa dialami oleh penderita maag. Ini bukan berarti terlalu banyak makanan yang masuk dalam perut, namun akibat dari tingginya jumlah gas yang dihasilkan oleh lambung.

6. Terlalu sering bersendawa.

Bersendawa lebih sering membuat banyak orang mengatakan masuk angin, namun selain hal tersebut maag juga mempunyai gejala awal ini. Sendawa sendiri merupakan respon alami perut ketika mengalami rasa tidak nyaman atau adanya masalah.

Sebenarnya cara tepat untuk meredakan asam lambung dan gangguan maag dengan cepat adalah dengan promag memang sudah dikenal sejak lama, apalagi promag mampu mengatasi kambuhnya maag dimana saja dan kapan saja dalam waktu lebih cepat. Namun sebagai orang umum ada baiknya untuk tetap menjaga kesehatan mulai dari sekarang sebelum semuanya terlambat. Karena maag yang sering dianggap sepele itu bisa membuat beberapa masalah besar, bahkan untuk melakukan kegiatan setiap hari saja merasa kesulitan apalagi saat kambuh.

Bila salah satu orang yang sudah mengalami tanda tersebut sejak sekarang, lebih baik untuk berjaga-jaga. Bisa menggunakan promag yang bisa diminum kapan saja saat gejala maag kambuh. Bukan saat kambuh, tetapi ketika mengalami gejala seperti yang telah disebutkan beberapa diatas.

Leave a Comment