Perubahan, Perawatan, dan Hal yang Perlu Diwaspadai Saat Hamil 16 Minggu

 

Ketika kehamilan sudah menginjak usia 16 minggu, ukuran janin sudah sekitar buah alpukat dengan bobot kurang lebih 100 gr & Panjang 12-an cm dihitung dari ujung kepala hingga ujung kaki. Di usia hamil 16 minggu, si kecil sudah dapat menahan kepala lurus & dapat mengekspresikan emosi seperti cemberut & menyempitkan mata. Bulu mata & alis si kecil terus tumbuh lebih tebal dari sebelumnya. Dalam kandungan, janin sudah dapat mengernyitkan dahi, menggerakkan otot wajah & punggung, dan merespon saat melihat cahaya.

Perubahan Tubuh Ibu Hamil dan Janin dalam Kandungan

Karena janin dalam kandungan terus membesar, perut ibu hamil juga akan semakin membesar & terlihat buncit. Ibu hamil juga mungkin akan sering merasa terengah-engah & memiliki nafas pendek. Sulit bernapas saat hamil disebabkan hormon kehamilan yang merangsang pernapasan & meningkatkan frekuensi & kedalaman napas yang diambil sehingga ibu hamil akan merasa kesulitan dalam bernafas meskipun melakukan aktivitas ringan. Biasanya, kondisi ini dialami saat usia kandungan memasuki trimester kedua.

Perubahan produksi hormone membuat produksi keringat meningkat. Jadi, gatal-gatal akibat keringat akan sering muncul di punggung & perut. Sebaiknya, kalian para ibu hamil jangan menggaruknya karena dapat menimbulkan stretch marks. Untuk meredakan gatal, usap area yang gatal, kompres air, atau oleskan salep.

Kondisi Psikis Wanita Hamil Usia Kandungan 16 Minggu

Jika kalian para ibu hamil merasa stress akibat tekanan emosional maupun perubahan fisik selama kehamilan, ada beberapa tips yang perlu dilakukan. Saat hamil 16 minggu, kalian para calon ibu sebaiknya mencari dukungan baik dari keluarga, teman, maupun kerabat. Jika diperlukan, dukungan juga bisa didapatkan dari bidan ataupun dokter kandungan. Agar terhindar dari stress, ibu hamil harus selalu ceria sepanjang hari. Jika demikian, kondisi psikis akan tetap sehat. Dengan kondisi psikis yang sehat, Kesehatan kandungan juga akan baik. Sebaliknya, stress yang dialami ibu hamil bisa mengakibatkan beberapa masalah pada kandungan seperti perut kram atau masalah lainnya yang bahkan dapat membahayakan janin dalam kandungan.

Perawatan Hamil 16 Minggu

Sebenarnya, perawatan saat kehamilan memasuki usia 16 minggu sama dengan perawatan kehamilan saat usia kandungan masih muda seperti minggu-minggu sebelumnya. Kalian para ibu hamil harus tetap rutin periksa kandungan ke bidan atau dokter paling tidak satu bulan sekali, walaupun tak ada keluhan. Jika ibu hamil merasa mulas yang melilit terutama bila mulas-mulas disertai pendarahan, segeralah mengunjungi dokter.

Yang perlu selalu diingat adalah untuk selalu menjaga asupan nutrisi selama masa kehamilan. Ada banyak cara untuk menjaga asupan nutrisi tetap terpenuhi. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi susu hamil yang kaya akan kalsium tanpa gula. Selain itu, tablet asam folat juga bagus untuk ibu hamil. Tak hanya itu, suplemen zat besi yang didapat dengan resep dokter juga sangat membantu untuk merawat kehamilan.

Namun, konsumsi suplemen juga harus diimbangi dengan obat yang kaya akan serat alami dari buah & sayur. Jadi, sebaiknya hindari konsumsi kafein yang berlebih, polusi udara seperti asap rokok, dan lain sebagainya. Menghindari polusi udara sangat penting agar janin tetap dalam kondisi sehat.

Hal-hal yang Perlu Diwaspadai Saat Hamil 16 Minggu

Ketika hamil 16 minggu, ibu hamil sudah bisa merasakan Gerakan janin dalam perut. Tapi jika belum, tak perlu khawatir. Justru yang perlu dikhawatirkan adalah jika detak jantung si kecil belum terdengar. Biasanya, detak jantung yang belum terdengar saat usia kehamilan 16 minggu dikarenakan beberapa faktor:

  • Ibu obesitas, dikarenakan lapisan lemak menutupi atau menghalangi USG
  • Posisi Rahim tak lazim, karena pengecekan biasanya dari perut yang sekiranya tepat dengan Rahim
  • Posisi janin berubah-ubah, yang tentu saja menyulitkan USG mendeteksi letak jantung si kecil

Ibu hamil harus waspada apabila pendarahan vagina terjadi. Jika terjadi demikian, segeralah mengunjungi IGD, bidan, atau fasilitas Kesehatan lain terdekat untuk mendapatkan penanganan segera dengan tepat. Begitu juga jika muntah atau mual terjadi terus-menerus sehingga asupan nutrisi ibu hamil terganggu. Jika muncul gejala dehidrasi, ibu hamil juga harus segera memeriksakan diri.

Selain hal-hal di atas, masih ada beberapa hal lain yang perlu diwaspadai ibu hamil seperti kram panggul tak tertahankan, nyeri, tekanan pada rectum, sakit bahu, tekanan darah rendah, pingsan, atau keluar cairan vagina.

Makanan untuk Ibu Hamil 16 Minggu

Bayam merupakan salah satu makanan yang paling direkomendasikan untuk ibu hamil karena kaya akan zat besi. Namun, ada beberapa makanan lain yang juga bagus untuk menjaga Kesehatan kandungan dan janin dalam perut:

  • Makanan yang mengandung asam folat karena dapat mengurangi resiko cacat saraf. Contoh makanan yang kaya akan asam folat adalah sayuran hijau.
  • Makanan yang kaya akan vitamin C. Misalnya adalah brokoli dan tomat.
  • Makanan yang mengandung zinc, seperti kacang-kacangan, jamur, dan kambing.
  • Makanan yang kaya akan kalsium seperti brokoli dan yogurt.
  • Makanan tinggi serat, contohnya seperti buah-buahan.
  • Makanan tinggi zat besi, seperti daging merah dan sayuran hijau.

Apa yang Terjadi Saat Hamil 16 Minggu?

Di fase ini, tumbuh kembang janin akan mempengaruhi fisik ibu hamil. Ibu hamil pun pasti akan merasakan beberapa hal yang khas. Misalnya, tekanan pada kandung kemih membuat ibu hamil sulit menahan buang air kecil. Selain itu, ibu hamil juga sering mengalami susah buang air besar. Ternyata, masih ada beberapa hal yang biasa terjadi pada ibu hamil, khususnya di usia kandungan 16 minggu, antara lain:

  • Gairah seks meningkat sebab hormon kehamilan mempengaruhi libido.
  • Merasakan hawa panas dalam tubuh.
  • Rambut lebih tebal & berkilau.
  • Kulit lebih berminyak & jerawatan, tapi Sebagian ibu hamil mungkin wajahnya tampak lebih berkilau.
  • Mata lebih sensitive, gatal, dan kering.
  • Muncul chloasma, yaitu kulit gelap atau bercak coklat di wajah.
  • Pusing dan sakit kepala
  • Sakit punggung
  • Nyeri perut karena Rahim kian membesar
  • Gusi bengkak & berdarah

Ketika kehamilan masuk usia 16 mingguan, janin mulai berkembang pesat. Tulang rangka, tengkorak & otot-otot mulai tumbuh. Mata bayi pun mulai bisa bergerak. Di usia ini, janin mulai bisa mengepal. Itulah kenapa ibu hamil mulai sering merasakan tinjuan dari si kecil dalam perut. Meski baru berusia 16 minggu, janin dalam kandungan sudah bisa mendengar suara-suara walaupun masih terbatas.

Jika berkaitan dengan hamil usia 16 minggu, Janin usia 14 hingga 19 minggu umumnya sangat aktif. Pasalnya, masih ada banyak ruang untuk bergerak di dalam perut. Gerakan-gerakan si kecil pun akan sangat terasa. Singkatnya, perubahan janin sangat signifikan. Begitu juga perubahan fisik ibu hamil juga sangat terasa. Meski begitu, kalian para ibu hamil harus mewaspadai beberapa hal agar segala resiko buruk tidak terjadi.

Deskripsi: Hamil usia 16 minggu akan terjadi banyak perubahan yang signifikan, baik janin maupun ibu hamil. Ada juga beberapa hal yang perlu diwaspadai.