Thu. Jul 29th, 2021

Mobil bekas banjir memang dijual lebih murah daripada mobil bekas jenis lainnya. Namun, bukan berarti menjadi alasan kuat dimana anda harus membelinya. Sebab, akan ada dampak negatif yang mungkin muncul ketika membeli mobil bekas. Ya, namanya saja mobil bekas, bukan? Untuk bekas banjir sendiri juga ada beberapa kemungkinan masalah yang harus anda ketahui.

1.  Embun Pada Kaca Lampu

Lampu mobil menjadi salah satu komponen penting yang mendukung penggunaanya. Bayangkan jika bagian kaca lampu mobil anda memiliki masalah, pasti sedikit banyaknya akan mengganggu perjalanan, bukan? Masalahnya, mobil bekas banjir ini biasanya akan menyisakan embun yang terjebak di bagian kaca lampu mobil. Embun ini bersifat agak permanen dan memang sulit untuk dihilangkan. Akibatnya, pantulan cahaya yang dihasilkan tidak maksimal karena kaca lampu mobil menjadi buram.

2.  Bau Yang Tidak Sedap

Kelemahan lainnya dibalik harganya yang sangat miring adalah bau dari kendaraan tersebut. Pada umumnya, jika sudah terkena banjir, bagian dalam yang terendam akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Sayangnya lagi, bau ini bahkan tidak akan menghilang walaupun sudah dilakukan pencucian secara berkala. Jadi, alih-alih mendapatkan harga yang murah pertimbangkan masalah ini, ya. Sebab, anda akan berada di dalam mobil jika menggunakannya sebagai kendaraan sehari-hari.

3.  Noda dan Karat

Sejatinya, mobil bekas akan selalu diwarnai dengan noda dan karat. Namun, jika sekilas terlihat baik-baik saja maka anda perlu memperhatikan lebih detail tentang kekurangan yang satu ini. Sebaiknya anda memeriksa lagi di bagian kabin, di bawah lorong-lorong atau di bagian mesin. Biasanya, karat akan muncul di daerah tersebut jika terendam air cukup lama dan tidak segera dibersihkan. Sedangkan noda bercak air dan lumpur juga bisa anda temukan di bagian luar maupun dalam. Biasanya akan tetap terlihat kecuali benar-benar dipoles ulang secara menyeluruh.

4.  Disfungsi Mesin

Hal yang sangat disayangkan ketika membeli mobil bekas banjir adalah disfungsi mesin. Dimana mesin tersebut tidak lagi bekerja dengan baik. Tercampurnya oli dengan air saat banjir adalah salah satu faktor penyebab masalah ini. Untuk itu, sebaiknya pastikan terlebih dahulu pengurasan oil dilakukan dengan maksimal. Jika tidak akan memperparah kerusakan mobil tersebut.

5. Kerusakan Pada Sistem Elektronik

Kekurangan selanjutnya yang juga merugikan pembeli adalah anomali di bagian sistem elektronik mobil tersebut. Air yang tergenang dalam jumlah yang berlebihan saat banjir merupakan salah satu musuh utama di sistem kelistrikan. Apalagi di dalam mobil ada banyak komponen yang menggunakan sistem kelistrikan ini. Anda pasti sudah bisa menduga apa yang akan terjadi jika sistem tersebut sudah terindikasi anomali, bukan? Tentu saja tidak bisa digunakan, terjadinya arus pendek hingga yang terburuk memicu ledakan.

Poin-poin di atas merupakan gambaran negatif ketika anda membeli mobil bekas banjir. Bukan berarti, anda dilarang untuk membelinya. Hanya saja, anda diharap lebih teliti dan lebih bijak dalam menentukan apakah budget yang cocok bisa bermanfaat nantinya? Nah, jika anda sudah menemukan mobil bekas banjir yang cocok, maka hindari masalah-masalah di atas. Caranya? Tentu dengan menggunakan Asuransi Mobil. Sebab, jika menggunakan jenis Asuransi Mobil All Risk maka anda akan merasa tenang dari semua kemungkinan masalah yang terjadi di kemudian hari. Apalagi, jenis mobil bekas yang satu ini sangat beresiko. Jika nanti terjadi kerusakan fatal, anda tinggal melakukan klaim asuransi. Jadi anda bisa lebih aman, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *