Manfaat Jagung untuk Kesehatan Tubuh Anda

Menjaga kesehatan merupakan suatu hal yang sangat penting, banyak cara yang bisa kita lakukan salah satunya adalah memakan makanan yang bergizi. Kita bisa memulainya dengan mengonsumsi jagung. Bahan pangan yang satu ini memiliki banyak manfaat karena kandungan vitamin yang melimpah di dalamnya, tak heran jika banyak dikonsumsi para pegiat kesehatan. Berikut beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi jagung untuk kesehatan anda.

Sederet Khasiat Jagung untuk Kesehatan Tubuh

1. Meminimalisir adanya sel kanker

Berdasarkan penelitian Correa-Oliviera tahun 2016 menunjukkan bahwa kandungan SCFA pada jagung dapat membantu meminimalisir adanya resiko kanker usus. SCFA (Short Chain Fatty Acid) adalah hasil fermentasi protein dan karbohidrat oleh mikrobiota yang tidak dapat dicerna oleh usus dalam bentuk propionat, asetat, dan butirat.

SCFA dapat kita temui dalam biji-bijian. Biji-bijian yang kita makan mengandung karbohidrat lalu mengalami fermentasi oleh bakteri dalam usus besar dan mengubahnya menjadi SCFA. SCFA dapat membantu meminimalisir adanya resiko kanker terutama kanker usus, tak hanya itu peningkatan SCFA juga membuat pencernaan menjadi sehat.

2. Menyehatkan kulit 

Produk skincare bukan hanya varian yang menutrisi kulit bagian luar, namun ada juga jenis skincare yang menutrisi dari dalam. Contohnya ialah dengan memakan makanan yang kaya akan vitamin E dan antioksidan yang ada pada jagung.

Sudah tidak bisa dibantah jika vitamin E merupakan vitamin yang sangat baik dalam menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin E dan antioksidan dapat meningkatkan produksi kolagen dan menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab masalah kulit.

3. Menghindari resiko anemia

Anemia disebabkan oleh kurangnya sel darah merah yang menyebabkan aliran oksigen ke tubuh menjadi berkurang. Memakan makanan yang kaya akan zat besi dapat menurunkan resiko anemia karena zat besi dapat membentuk sel darah merah dan mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

Zat besi dapat kita temukan pada makanan berjenis biji-bijian seperti jagung yang berkhasiat untuk menghindari resiko anemia karena zat besi adalah produsen penting yang berkontribusi dalam pembuatan sel darah merah dengan bantuan vitamin B12 dan asam folat.

4. Mengimbangi kadar gula darah

Diabetes merupakan penyakit yang cukup mematikan di dunia. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari penyakit mematikan satu ini, salah satunya ialah mengonsumsi makanan yang tidak mengandung kadar gula yang tinggi seperti jagung.

Buah bernama latin  Zea mays ini adalah salah satu buah yang direkomendasikan untuk penderita diabetes karena buah ini memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga dapat menjadi pengganti nasi sebagai makanan pokok. Hal ini juga didukung oleh sebuah studi yang menyatakan bahwa penderita diabetes yang memakan buah itu secara rutin tiap hari, dapat membantu mengimbangi kadar gula darah.

5. Baik untuk kehamilan

Asam folat adalah sejenis vitamin yang dapat larut dalam air. Vitamin ini memiliki nama lain yaitu B9, yang sangat baik dalam periode pembelahan serta pertumbuhan sel baru. Asam folat dapat kita temui pada biji-bijian seperti halnya Zea mays.

Asam folat adalah penentu berat badan bayi yang akan dilahirkan. Jika si ibu kekurangan zat asam folat  maka akan menyebabkan bayi lahir dengan berat badan kurang serta yang paling parah ialah bayi berisiko menderita cacat saraf. Itulah kenapa asam folat sangat penting bagi kehamilan

Itulah sederet manfaat jagung bagi kesehatan anda. Penting bagi kita dalam memilih produsen dengan kualitas yang baik. Seperti contohnya jagung yang dijual oleh tanihub.com dimana sudah teruji kualitas dan beragam vitamin yang terkandung di dalamnya. TaniHub sendiri merupakan e-commerce pertanian Indonesia yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah rantai pasok dan distribusi produk pertanian. Melalui teknologi, TaniHub menghubungkan petani ke pasar, memungkinkan petani menjual produk pertanian dengan harga yang wajar dan dalam jumlah yang berkelanjutan.

Leave a Comment